Rabu, 20 Maret 2013

israel akan pindah markas

Tentara Israel berencana membebaskan tanah senilai 14 miliar dolar dan memindahkan sebagian besar markasnya dari pusat kota Tel Aviv dalam sebuah proyek bernilai 7 miliar dolar. Hal ini bertujuan guna mengurangi kekurangan lahan yang cocok dipakai untuk proyek-proyek pemukiman Israel. Naiknya harga rumah membuat Bank Sentral Israel merasa khawatir. Seperti yang dilansir Aljazeera (19/3/2013), hal ini memaksa Bank Sentral mendorong pemerintah Israel yang menguasai 93% tanah Israel agar dapat meningkatkan pasokan untuk memenuhi permintaan.
Saat ini markas pertahanan militer Israel terletak di pusat kota Tel Aviv di atas lahan seluas 47 feddan (1 feddan = 4.200m2).
Lahan markas pertahanan militer Israel ini rencananya akan dikurangi dan akan dipindah ke tempat baru yang sebagian besar terletak di selatan. Ini akan menjadi salah satu proyek infrastruktur terbesar di Israel.
Selain itu, bandara Sde Dov di Tel Aviv yang biasa digunakan untuk penerbangan militer maupun komersial juga akan dipindahkan pada tahun 2018, guna menyediakan lahan untuk pembangunan ribuan unit rumah.

Tidak ada komentar: